Tuesday, December 11, 2012

*Strategi Mengembangkan Rasa Percaya Diri


Strategi Mengembangkan Rasa Percaya Diri

1.   Mengambil Resiko
Anggaplah pengalaman baru lebih sebagai kesempatan untuk belajar daripada sebagai kesempatan untuk menang atau kalah. Melakukan hal ini akan membuka kemungkinan - kemungkinan baru untuk Anda dan dapat meningkatkan rasa penerimaan diri.

2.   Gunakan Metode Self Talk
Gunakan metode Self Talk untuk melawan asumsi-asumsi yang merusak.  Cobalah menghentikan pikiran-pikiran negatif dan gantilah dengan asumsi-asumsi yang lebih masuk akal.

3.   Mengevaluasi Diri Sendiri
Belajarlah mengevaluasi diri Anda secara bebas dan beri bobot pada apa yang Anda anggap dibandingkan yang orang lain anggap.  Dengan melakukan hal ini maka Anda akan terhindar dari perasaan kacau yang timbul akibat mengandalkan pendapat orang lain semata.  Dengan memusatkan pada perasaan mengenai perilaku pekerjaan Anda sendiri dan lain-lain akan memberi Anda rasa percaya diri yang kuat dan akan mencegah Anda dari kepasrahan kepada orang lain.

4.   Menunjukan Kekuatan Diri
Berilah penghargaan untuk diri sendiri atas semua hal yang pernah Anda coba dengan berfokus pada apa yang dapat anda lakukan daripada menekankan pada hasil akhirnya.  Memulai dengan mendasarkan pada apa yang seharusnya Anda lakukan akan membantu Anda hidup dengan ikatan-ikatan dan batasan-batasan yang tak terhindarkan.

No comments: